Kebanyakan nonton TV hanya menyesatkan, begitulah kata banyak orang. Yah… akhir-akhir ini, banyak tayangan TV yang sangat dangkal bahkan tak jarang hal tersebut merupakan pembohongan publik. Iklan yang merupakan bentuk promosi seakan menarik konsumen untuk menjadikan produksi sebagai hal yang wajib bukan sekedar butuh.

Salah satu iklan yang mendominasi layar kaca ialah produk pemutih wajah, bahkan produk yang dulu mematok target pasar adalah perempuan kini makin meluas, tak jarang laki-laki pun memakai produk-produk itu dengan iming-iming wajah tampak lebih putih. Jika dahulu, bintang iklan hanya perempuan maka sekarang tak sedikit pria juga berperan. Seakan-akan kulit putih menjadi hal mutlak dimiliki oleh semua orang.

Ironisnya, produk-produk pemutih wajah yang banyak di pasarkan merupakan produksi luar negeri yang menjadikan orang Indonesia yang memakainya menjadi aneh, terlihat pucat bahkan kulitnya terlihat menipis. Putih yang di hasilkan adalah putih-putih orang Eropa, Jepang ataupun Cina. Konsumen tersebut seolah melupakan kodratnya sebagai orang Indonesia yang di dominasi berkulit kuning langsat atau sawo matang. (Kecuali mereka yang “Indo”)

Pada dasarnya wajah tak pernah benar-benar tampak gelap, tetapi kusam-mungkin ini kata yang lebih tepat. Hal ini di sebabkan karena sel kulit mati masih menumpuk di permukaan yang jarang di bersihkan. Bahkan bila terlalu lama, sel kulit mati tersebut akan masuk ke dalam pori-pori wajah hingga menyebabkan jerawat.

Tips di bawah ini saya harap bisa membantu wajah menjadi lebih cerah (bukan putih) tanpa harus mengeluarkan uang terlalu banyak.

Setiap malam sebelum tidur, oleskan madu di permukaan wajah sambil di pijat (massage) selama kurang lebih 5 menit. Kandungan madu dapat membuat wajah menjadi lebih halus dan kencang. Setelah itu cuci dengan air hangat agar pori-pori lebih terbuka. Lanjutkan dengan mengoles tomat atau air jeruk nipis pada seluruh wajah. Kandungan vitamin C dari sari tersebut dapat membuat sel kulit mati terangkat dan mempercepat peremajaan kulit. Bilas dengan air dingin hingga bersih. Lakukan secara rutin, tiap malam sebelum tidur dan rasakan wajah semakin kencang, halus dan tentu lebih cerah.

Wajah kusam juga di sebabkan karena kurang tidur dan pengaruh stress. Maka tidur dengan teratur dan memanejem stress juga sangat membantu agar wajah tampak lebih cerah. Selamat Mencoba!

About these ads